Minggu, 05 Juni 2011

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia 2011

Hijau Berau Bersama Menggapai Masa Depan Kemilau



Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali dicetuskan tahun 1972. Hal ini merupakan rangkaian kegiatan lingkungan 2 tahun sebelumnya, ketika seorang senator Amerika Serikat Gaylord Nelson mangamati betapa kotor dan tercemarnya bumi ini oleh ulah dan kegiatan manusia, maka ia mengambil prakarsa bersama dengan LSM untuk mencurahkan satu hari untuk usaha penyelamatan bumi dari kerusakan. 

Pada tanggal 22 April 1970 Gaylord Nelson memproklamasikan Hari Bumi (Earth Day). Sehingga tanggal 22 April diperingati sebagai Hari Bumi atau Earth Day.

Konferensi PBB mengenai Lingkungan Hidup yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni 1972 di Stockholm (Swedia) dan tanggal konferensi tersebut ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Negara Indonesia ikut terlibat dalam konferensi tersebut dengan hadirnya Prof. Emil Salim yang pada waktu itu menjabat sebagai Kepala Bappenas.(Diambil dari: Artikel Terkait, tentang sejarah lingkungan hidup).
 
Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-dunia (World Environment Day), Pemkab Berau dan PT. Berau Coal bersama seluruh masyarakat Berau  menyelenggarakan Pekan Lingkungan Hidup 2011. Kegiatan ini merupakan sarana untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat bahwa lingkungan tidak hanya merupakan tanggung jawab individu, tapi merupakan perwujudan tanggung jawab bersama.
Berbagai kegiatan seperti: Penanaman Pohon (Penghijauan)dan Sepeda Santai akan mengisi Pekan Lingkungan Hidup 2011 yang bertempat di Lapangan GOR Pemuda, Tanjung Redeb Berau - Kalimantan Timur.
  
Jenis Kegiatan Pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup

Penghijauan

     Penghijauan atau reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali lahan yang kritis. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa dewasa ini sedang gencar eksploitasi besar-besaran terhadap hutan. Jika tidak diimbangi dengan usaha untuk menanaminya kembali, bisa dibayangkan seberapa besar akibat yang ditimbulkan beberapa tahun ke depan. Kegiatan yang dapat diikuti oleh kalangan masyarakat  umum ini merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi efek negatifnya.

Sepeda Santai 

        Diperingatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dimeriahkan oleh komunitas Sepeda PT. Berau Coal dan segenap komunitas sepeda yang ada di Kabupaten Berau. Turut hadir Bapak bupati dan wakil bupati Berau (DRS. H. Makmur HPK, MM dan Ir. H. Ahmad Rifai, MM) beserta rombongan untuk memimpin pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup sekaligus sebagai kepala rombongan dalam kegiatan sepeda santai.

Drum Band di HLK 2011
Panitia HLK 2011

Peserta Sepeda Santai
 Environment Community, PT. Berau Coal

Bicycle Community, PT. Berau Coal
Trio Macan






Antusias Banget
Gaya Men















Report by      : Muhidin
Departement : Environment, PT. Bearu Coal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar