Selasa, 07 Juni 2011

Awali Kepedulian Anda Terhadap Lingkungan

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungannya. Baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Kita bernapas memerlukan udara dari lingkungan sekitar. Kita makan, minum, menjaga kesehatan, semuanya memerlukan lingkungan. Pengertian lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. 
Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup segenap mahluk hidup di bumi. Adapun berdasarkan UU No. 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruangan dengan semua benda dan kesatuan mahluk hidup termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya. ( Artikel terkait).

Masalah lingkungan timbul sebagai akibat dari ulah manusia itu sendiri, dari hari ke hari ancaman terhadap kerusakan lingkungan semakin meningkat. Banyaknya pembukaan lahan baru mengakibatkan banyaknya hutan yang dirusak karena umumnya pembukaan lahan tersebut tidak mengikuti kaidah ekologi. Rusaknya hutan akan merusak ekosistem yang ada dihutan tersebut dan disekitar hutan dan merusak semua sistem kehidupan disetiap komponen yang ada di bumi ini.

Di hari lingkungan hidup ini marilah kita awali kepedulian terhadap lingkungan, baik lingkungan di area rumah kita, sekolahan, maupun lingkungan di tempat kerja kita. Banyak sekali yang harus kita lakukan untuk membuat lingkungan kita lebih baik. Seperti melakukan penanaman pohon (reboisasi) serta tidak mencemari atau mengotori lingkungan di area manapun (daratan, perairan dan udara).

Hari Lingkungan Hidup 2011 PT. Riung Mitra Lestari, Job Site SMO PT. Berau Coal



Hutan bukan saja merupakan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, yang memberikan peran penting bagi kehidupan manusia. Ia juga mengandung manfaat serbaguna, penentu sistem penyangga kehidupan, dan memiliki potensi luar biasa bagi kesejahteraan rakyat. Dengan profit multifaset itu, seyogianyalah pemanfaatan hutan dilakukan secara bijaksana, berorientasi pada kelestarian, dan tetap memperhatikan fungsi pokoknya.

Melestarikan hutan berarti menyelamatkan semua komponen kehidupan, hutan yang terjaga akan memberikan tata air yang baik pada daerah hilirnya sehingga akan menyelamatkan semua kegiatan umumnya dan kegiatan ekonomi khususnya, selain itu hutan yang terjaga akan memberikan manfaat sangat besar bagi lingkungan, hutan sebagai paru-paru dunia akan mengurangi pemanasan bumi, mengurangi kekeringan saat musim panas dan mengurangi resiko longsor dan banjir saat musim hujan.


Kalau Bukan Kita Siapa Lagi 


Penghijauan atau reboisasi merupakan kegiatan penanaman kembali lahan yang kritis. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa dewasa ini sedang gencar eksploitasi besar-besaran terhadap hutan. Jika tidak diimbangi dengan usaha untuk menanaminya kembali, bisa dibayangkan seberapa besar akibat yang di timbulkan beberapa tahun kedepan. Kegiatan yang dapat diikuti oleh kalangan masyarakat umum ini merupakan salah satu cara untuk mencegah dan mengurangi efek negatifnya.


Tanaman Sumber Masa Depan



Lingkungan Tetap Lestari



  




Ayo Tanam Pohon
















Tanam Pohon Untuk Anak Cucu Kita


" Mari menanam pohon demi kelanjutan anak cucu kita. Karena kalu lingkungan bagus, tentu akan membuat bumi ini baik, sebaliknya kalau bumi ini tidak kita jaga maka ancaman terhadap bumi dan isinya akan terjadi "

 Report by     : Muhidin
 Departemen : Environment, PT. Berau Coal


Tidak ada komentar:

Posting Komentar